Kamis, 28 Januari 2016

Manfaat Komputer bagi profesi guru


Manfaat Komputer Bagi Profesi Guru dalam Pembelajaran

Dengan berkembang pesatnya teknologi komputer, informasi dan komunikasi yang mulai dikembangkan pada awal 1950-an telah memberikan manfaat yang luar biasa bagi kehidupan manusia, termasuk pula dalam bidang pendidikan. Hal ini memungkinkan bagi guru bisa mengkombinansikan berbagai media ke dalam sebuah paket media untuk dioperasikan dengan perangkat komputer. Komputer bagi siswa dapat digunakan untuk memahami pengetahuan sesuai dengan kemampuan dan kecepatannya masing-masing, serta dapat melakukan kontrol terhadap aktivitas belajarnya.
Komputer adalah hasil karya manusia yang mampu membawa perubahan besar dalam berbagai bidang pekerjaan manusia termasuk dalam bidang pendidikan. Bidang pendidikan, komputer sebagai hasil teknologi modern sangat mermbuka kemungkinan-kemungkinan yang besar untuk menjadi alat pendidikan. Khususnya dalam pembelajaran, komputer dapat digunakan untuk menyampaikan informasi atau ide-ide yasng terkandung dalam pembelajaran kepada peserta didik. Selain itu, komputer dapat juga digunakan sebagai media yang memungkinkan peserta didik belajar secara mandiri dalam memahmi suatu konsep. Hal ini sangat memungkinkan karena komputer mampunyai kemampuan mengkombinasikan teks, gambar, suara, warna, gerak dan video, serta memuat suatu kepintaran yang sanggup menyajikan proses interaktif.
Pada umumnya dalam bidang pendidikan, penggunakaan teknologi berbasis komputer merupakan cara untuk menghasilkan atau menyampaikan materi dengan menggunakan sumber-sumber yang berbasis micro prosesor, dimana informasi atau materi yang disampaikan disimpan dalam bentuk digital bukan dalam bentuk cetakan. Berbagai jenis aplikasi teknologi komputer dalam pendidikan umumnya dikenal dengan istilah”Computer Asisted Intruction” (CAI) atau Pembelajaran Berbantuan Komputer (PBK.”) dalam pembelajaran berbantuan komputer, peserta didik berhadapan dan berinteraksi secara langsung dengan komputer. Interaksi antara komputer dan peserta didik ini terjadi secara individual, sehingga apa yang dialami oleh seorang peserta didik akan berbeda dengan apa yang dialami oleh peserta didik yang lainnya. Pengajaran dengan berbantuan komputer atau Computer Assisted Instruction (CAI) telah dikembangkan akhir-akhir ini dan telah membuktikan manfaatnya untuk membantu guru dalam mengajar dan membantu peserta didik dalam belajar. Komputer dapat sekaligus membantu puluhan peserta didik dan dimasa yang akan datang, diharpkan dapat membantu ribuan peserta didik sekaligus. Crissweell (Munir, 2001) mendefinisikan CAI atau CAL (Computer Aided Learning) sebagai penggunaan komputer dalam meyampaikan bahan pengajaran dengan melibatkan peserta didik secara aktif serta membolehkan umpan balik.
Komputer menjadi popular sebagai media pembelajaran karena komputer memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki oleh media pembelajaran lain sebelum zaman komputer. Keistiumewaan komputer, diantaranya menurut Gagne dan Briggs (Munir, 2001) adalah sebagai berikut. ·
  • Hubungan interaktif: komputer menyebabkan terwujudnya hubungan diantara rangsangan dan jawaban, dan dapat menumbuhkan insfirasi serta meningkatkan minat
  • Pengulangan: kompuiter member fasilitas bagi penggun untuk mengulang apabila diperlukan. Juga untuk memperkuat proses belajar dan memperbaiki ingatan. Dalam pengulangan amat diperlukan kebebasan dan kreatifitas dari para peserta didik.
  • Umpan balik dan Peneguhan: media komputer membantu peserta didik memperoleh umpan balik terhadap pelajaran secara leluasa dan dapat memacu motivasi belajar dengan peneguhan positif yang diberi apabila peserta didik member jawaban.
Selain memiliki keistimewaan pembelajaran berbantuan komputer menurut Nasution (1994) mempunyai sejumlah keuntungan, diantaranya adalah sebagai berikut.
  1. Komputer dapat membantu peserta didik dan guru dalam pembelajaran, karena komputer itu, “sabar, cermat, mempunyai ingatan yang sempurna.” Computer sesuai sekali untuk latihan dan remedial teching, mengingat tak ada guru yang dapat memberikan latihan tanpa jemu-jemunya seperti komputer.
  2. Pembelajaran berbantuan komputer memiliki banyak kemampuan yang dapat dimanfaatkan segera seperti membuat hitungan atau mereproduksi grafik, gambar, dan memberikan bermacam-macam informasi yang tak mungkin dikuasai oleh manusia manapun. 
  3. Pembelajaran berbantuan komputer sangat fleksibel dalam mengajar dan dapat diatur menurut keinginan perancang pengajaran atau penyusunan kurikulum. 
  4. Pembelajaran berbantuan komputer dan mengajar oleh guru dapat saling melengkapi. Apabila komputer tidak dapat menjawab pertanyaan peserta didik, dengan sendirinya guru akan menjawabnya. Adakalanya komputer dapat member jawaban yang tak dapat dengan segera dijawab oleh guru.
Selain itu komputer dapat pula menilai hasil belajar setiap peserta didik dengan segera.
Dengan adanya keistimewaan komputer, sistem-sistem komputer dapat menyampaikan pengajaran secara langsung kepada para peserta didik melalui cara berinteraksi dengan matan pelajaran yang diprogramkan ke dalam sistem. Hal ini sebagaimana telah dikemukakan di atas, yaitu yang dikenal dengan pembelajaran berbantuan komputer. Dalam menggunaannya menurut Sudjana dan Rivai (1989) terdapat beberapa model pembelajaran berbantauan komputer, yaitu (1) model latihan dan praktik (drill and practice), (2) model tutorial (tutorials), (3) model penemuan (problem solving). (4) model simulasi ( simulations), dan (5) model permainan (games).
Jadi yang dapat kita tarik kesimpulan dari peran manfaat computer untuk profesi guru diantaranya adalah; Bahwa dengan memanfaatkan TIK guru dapat mewujudkan model-model pembelajaran yang interaktif, inovatif, kreatif, menyenangkan dan menciptakan sistem pembelajaran yang mandiri Contoh; manfaat Komputer untuk profesi Guru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar