Komputer
adalah hasil karya manusia yang mampu membawa perubahan besar dalam berbagai
bidang pekerjaan manusia termasuk dalam bidang pendidikan. Bidang pendidikan,
komputer sebagai hasil teknologi modern sangat mermbuka kemungkinan-kemungkinan
yang besar untuk menjadi alat pendidikan. Khususnya dalam pembelajaran,
komputer dapat digunakan untuk menyampaikan informasi atau ide-ide yasng
terkandung dalam pembelajaran kepada peserta didik. Selain itu, komputer dapat
juga digunakan sebagai media yang memungkinkan peserta didik belajar secara
mandiri dalam memahmi suatu konsep. Hal ini sangat memungkinkan karena komputer
mampunyai kemampuan mengkombinasikan teks, gambar, suara, warna, gerak dan
video, serta memuat suatu kepintaran yang sanggup menyajikan proses interaktif.
Pada
umumnya dalam bidang pendidikan, penggunakaan teknologi berbasis komputer
merupakan cara untuk menghasilkan atau menyampaikan materi dengan menggunakan
sumber-sumber yang berbasis micro prosesor, dimana informasi atau materi yang
disampaikan disimpan dalam bentuk digital bukan dalam bentuk cetakan. Berbagai
jenis aplikasi teknologi komputer dalam pendidikan umumnya dikenal dengan
istilah”Computer Asisted Intruction” (CAI) atau Pembelajaran Berbantuan
Komputer (PBK.”) dalam pembelajaran berbantuan komputer, peserta didik
berhadapan dan berinteraksi secara langsung dengan komputer. Interaksi antara
komputer dan peserta didik ini terjadi secara individual, sehingga apa yang
dialami oleh seorang peserta didik akan berbeda dengan apa yang dialami oleh
peserta didik yang lainnya. Pengajaran dengan berbantuan komputer atau Computer
Assisted Instruction (CAI) telah dikembangkan akhir-akhir ini dan telah
membuktikan manfaatnya untuk membantu guru dalam mengajar dan membantu peserta
didik dalam belajar. Komputer dapat sekaligus membantu puluhan peserta didik
dan dimasa yang akan datang, diharpkan dapat membantu ribuan peserta didik
sekaligus. Crissweell (Munir, 2001) mendefinisikan CAI atau CAL (Computer Aided
Learning) sebagai penggunaan komputer dalam meyampaikan bahan pengajaran dengan
melibatkan peserta didik secara aktif serta membolehkan umpan balik.
Komputer
menjadi popular sebagai media pembelajaran karena komputer memiliki
keistimewaan yang tidak dimiliki oleh media pembelajaran lain sebelum zaman
komputer. Keistiumewaan komputer, diantaranya menurut Gagne dan Briggs (Munir,
2001) adalah sebagai berikut. ·
- Hubungan interaktif: komputer menyebabkan terwujudnya hubungan diantara rangsangan dan jawaban, dan dapat menumbuhkan insfirasi serta meningkatkan minat
- Pengulangan: kompuiter member fasilitas bagi penggun untuk mengulang apabila diperlukan. Juga untuk memperkuat proses belajar dan memperbaiki ingatan. Dalam pengulangan amat diperlukan kebebasan dan kreatifitas dari para peserta didik.
- Umpan balik dan Peneguhan: media komputer membantu peserta didik memperoleh umpan balik terhadap pelajaran secara leluasa dan dapat memacu motivasi belajar dengan peneguhan positif yang diberi apabila peserta didik member jawaban.
Selain
memiliki keistimewaan pembelajaran berbantuan komputer menurut Nasution (1994)
mempunyai sejumlah keuntungan, diantaranya adalah sebagai berikut.
- Komputer dapat membantu peserta didik dan guru dalam pembelajaran, karena komputer itu, “sabar, cermat, mempunyai ingatan yang sempurna.” Computer sesuai sekali untuk latihan dan remedial teching, mengingat tak ada guru yang dapat memberikan latihan tanpa jemu-jemunya seperti komputer.
- Pembelajaran berbantuan komputer memiliki banyak kemampuan yang dapat dimanfaatkan segera seperti membuat hitungan atau mereproduksi grafik, gambar, dan memberikan bermacam-macam informasi yang tak mungkin dikuasai oleh manusia manapun.
- Pembelajaran berbantuan komputer sangat fleksibel dalam mengajar dan dapat diatur menurut keinginan perancang pengajaran atau penyusunan kurikulum.
- Pembelajaran berbantuan komputer dan mengajar oleh guru dapat saling melengkapi. Apabila komputer tidak dapat menjawab pertanyaan peserta didik, dengan sendirinya guru akan menjawabnya. Adakalanya komputer dapat member jawaban yang tak dapat dengan segera dijawab oleh guru.
Selain
itu komputer dapat pula menilai hasil belajar setiap peserta didik dengan
segera.
Dengan
adanya keistimewaan komputer, sistem-sistem komputer dapat menyampaikan
pengajaran secara langsung kepada para peserta didik melalui cara berinteraksi
dengan matan pelajaran yang diprogramkan ke dalam sistem. Hal ini sebagaimana
telah dikemukakan di atas, yaitu yang dikenal dengan pembelajaran berbantuan
komputer. Dalam menggunaannya menurut Sudjana dan Rivai (1989) terdapat
beberapa model pembelajaran berbantauan komputer, yaitu (1) model latihan dan
praktik (drill and practice), (2) model tutorial (tutorials), (3) model
penemuan (problem solving). (4) model simulasi ( simulations), dan (5) model
permainan (games).
Jadi
yang dapat kita tarik kesimpulan dari peran manfaat computer untuk profesi guru
diantaranya adalah; Bahwa dengan memanfaatkan TIK guru dapat mewujudkan
model-model pembelajaran yang interaktif, inovatif, kreatif, menyenangkan dan
menciptakan sistem pembelajaran yang mandiri Contoh; manfaat Komputer untuk
profesi Guru.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar