PROGRAM
STUDI TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
PROGRAM
PASCASARJANA
SEKOLAH
TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN GARUT
UJIAN
TENGAH SEMESTER
TEKNOLOGI
INFORMASI
TANGGAL : 26 Pebruari 2016
WAKTU : 90 MENIT
Keterangan:
A.
Jawaban ke 5 soal
dibawah dipostingkan ke Blog Saudara dengan
judul: JAWABAN UTS TI
B.
Jawaban Saudara wajib ada teks,
gambar, atau yang lainnya
C.
Setelah jawaban Saudara berhasil
dipostingkan, kirim pemberitahuan dengan data yang lengkap ke e-mail: sangtiers2013@gmail.com (wajib kirim email)
SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER
1.
Jelaskan secara terperinci tentang
Teknologi Informasi di pandang dari sudut : Pengertian, Perkembangan, Pengelompokan,
Komponen, Klasifikasi, Serta Peran dan Manfaat.
2.
Jelaskan secara terperinci
pengertian Komputer, perangkat keras, dan perangkat lunak
3.
Jelaskan secara terperinci tentang
Pemograman dipandang dari sudut Pengertian dan Definisi, Bahasa Pemograman,
serta Langkah-Langkahnya
4.
Jelaskan secara rinci dari sudut Teoretis tentang Multimedia,
selanjutnya secara praktis Multimedia berperan positif khususnya dalam bidang
Pendidikan,
Jelaskan vdan tanggapi oleh Saudara pernyataan btersebut
5.
Menurut sementara orang,
Internet dapat berdampak negatif dalam kehidupan,
Jelaskan oleh saudara
mengapa internet dapat berdam[pak negatif dalam kehidupan, selanjutnya jelaskan
pula oleh saudara bahwa internet dapat pula berdampak positif khususnya dalam
bidang pendidikan..
SELAMAT MENGERJAKAN……. SUKSES SELALU MENYERTAI SAUDARA
JAWABAN UTS
NO. 1.
Pengertian Teknologi Informasi
Teknologi
Informasi adalah seperangkat alat yang membantu kita
bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan
pemerosesan informasi. Secara harfiah menurut
Kamus Besar Bahasa
Indonesia (KBBI) teknologi
berarti metode ilmiah
untuk mencapai tujuan praktis, sedangkan informasi yaitu pemberitahuan,
kabar atau berita tentang sesuatu. Menurut Martin (1999); Teknologi Informasi tidak hanya terbatas pada teknologi
komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang akan digunakan untuk
memperoses dan menyimpan informasi, melainkan juga yang mencakup teknologi
komunikasi untuk mengirim/menyebarkan informasi. Sedangkan Williams dan Sawyer (2003) mengungkapkan
bahwa Teknologi Informasi adalah teknologi yang menggabungkan
komputasi(komputer) dengan jalur komunikasi kecepatan tinggi yang membawa
data, suara dan vidieo.
Dari definisi-definisi para ahli tersebut
menunjukan bahwa teknologi informasi tidak terbatas pada peralatan yang dipakai
atau pada benda yang diberi nama computer tetapi juga memerlukan teknologi lain
yaitu Teknologi Telekomunikasi. Artinya bahwa Teknologi Informasi tidak
dapat dipisahkan dengan Teknologi Telekomunikasi yang kedua-duanya saling berkaitan,
maka Teknologi Informasi
merupakan gabungan dari Teknologi Komputer dan Teknologi
Telekomunikasi.
Perkembangan
Teknologi Informasi
Secara garis besar ada empat era perkembangan
teknologi informasi, yang dimulai dari pertama kali ditemukannya computer
hingga saat ini. Keempat era tersebut terjadi tidak hanya karena dipicu oleh
perkembangan teknologi computer yang sedemikian pesat, namun didukung pula oleh
teori-teori baru mengenal manajemen modern (Cash, et.al., 1992). Keempat era
perkembangan teknologi informasi tersebut adalah:
1.
Era
komputerisasi
2.
Era teknologi
informasi
3.
Era manajemen
perubahan
4.
Era globalisasi
informasi
Teknologi
informasi terdiri dari enam kelompok,
diantaranya:
1.
Teknologi
komunikasi: teknologi yang berhubungan dengan komunikasi jarak jauh.
2.
Teknologi
masukan: teknologi yang berhubungan dengan peralatan untuk memasukkan data ke
dalam system computer.
3.
Teknologi
keluaran: teknologi yang berhubungan dengan segala peranti yang berfungsi untuk
menyajikan informasi hasil pengolahan sistem
4.
Teknologi
perangkat lunak: teknologi yang berhubungan dengan sebuah program, yaituderetan
instruksi yang digunakan untuk mengendalikan computer untuk dapat melakukan
tindakan sesuai yang dikehendaki pembuatnya.
5.
Teknologi
penyimpanan: teknologi yang berhubungan dengan proses penyimpanan data,
program, maupun informasi ketika dilakukan proses pengolahan yang dilaksanakan
oleh computer.
6.
Teknologi mesin
pemroses: teknologi yang berhubungan dengan mesin pemroses, yang lebih dikenal
dengan sebutan CPU, mikroprosesor, atau prosesor yang menjadi pusat pengolahan
data.
Komponen
teknologi informasi terdiri dari tiga bagian,
diantaranya adalah:
1.
Hardware (HW):
CPU, memory, I/O device, interconnector
2.
Software (SW):
OS, package application, user application
3.
Brainware (BW):
end user, programmer, analyst
Klasifikasi
teknologi informasi
1.
menurut fungsi
system: embedded IT system, dedicated IT system, general purpose IT system
2.
menurut ukuran:
supercomputer, mainframe, minicomputer, workstation, microcomputer (PC)
Beberapa
peranan dan manfaat Teknologi Informasi
:
a.
TI memiliki
efek besar dan dampak signifikan
b.
TI mempengaruhi
struktur, manajemen organisasi, serta proses suatu kegatan.
c.
TI mempengaruhi
banyak aspek pekerjaan / organisai.
Disamping
peran dan manfaat diatas Teknologi Informasi memiliki Tujuan untuk memecahkan masalah, membuka kreativitas,
effektivitas, dan efesiensi dengan Prinsip High Tech…High Touch. Teknologi Informasi memiliki beberapa Fungsi
diantaranya :
a.
Menangkap (capture)
b.
Mengolah (processing)
c.
Menghasilkan (generating)
d.
Menyimpan (storage)
e.
Mencari kembali (retrieval)
f.
Melakukan Transmisi (transmition)
Dan
hal yang bisa kita dapatkan dari Teknologi Informasi dengan keuntungannya yaitu
speed, consistency, precision,
reliability.
NO. 2.
Secara bahasa Komputer berasal dari bahasa
latin, computare yang artinya
menghitung (to compute). Definisi
computer secara umum adalah alat yang dipakai untuk menghitung dan mengolah
data dengan cepat sesuai dengan program yang tersimpan dalam memori. Sanders
(1985) mengungkapkan bahwa komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi
data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan agar secara
otomatis menerima dan menyimpan data input, memperosesnya dan menghasilkan
output berdasarkan instruksi-instruksi yang tersimpan dalam memori. Hal senada
juga diungkapkan oleh Larry Long dan Nancy Long
Menurut Hamacher computer adalah mesin hitung elektronik yang cepat dengan menerima
informasi input digital dan menghasilkan output berupa informasi. Sedangkan
Pada mulanya computer di artikan sebagai alat atau mesin penghitung, tetapi
dengan berkembangnya jaman dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi computer
berubah fungsi menjadi multifungsi sebagai pengolah data dan informasi untuk
mempermudah pekerjaan manusia. Jadi computer adalah mesin serbaguna yang dapat
dikontrol oleh program, digunakan untuk mengolah data menjadi informasi.
Piranti atau bisa juga perangkat adalah
bagian-bagian dari computer yang menyusun menjadi satu kesatuan dengan
fungsi-fungsi khusus dan berbeda-beda. Piranti computer terbagi menjadi dua
bagian:
a.
Piranti/perangkat keras;
b.
Perangkat lunak;
1.
Perangkat
Keras
Perangkat keras atau hardware terbagi menjadi Piranti masukan
(input device) dan Piranti Keluaran (output device). Piranti masukan (input
device) berhubungan dengan proses perekaman dan cara pemasukan data kedalam
system computer dengan cara memberi perintah ke computer, contoh:
Keyboard fungsinya untuk
pengetikan
Sedangkan Piranti
Keluaran (output device) adalah piranti yang berhubungan dengan proses keluaran
data dan informasi yang memungkinkan pengguna bisa melihat atau mendengarkan
hasil dari proses-proses masukan (input devices) contoh :
Monitor fungsinya gambar
dan vidieo
2.
Perangkat
Lunak atau biasa disebut software
Adalah program yang
berisi instruksi atau perintah untuk melakukan proses pengolahan data. Program
itu sendiri berarti deretan instruksi yang digunakan untuk mengendalikan
computer sehingga dapat melakukan tindakan sesuai dengan yang dikehendaki. Macam-macam software :
-
Software
komersial
-
Software
domain public
-
Shareware
-
Rentalware
-
Free
software
-
Free
ware
-
Open
source
Software
juga dikelompokan menjadi Dua bagian yaitu :
a.
Software atau perangkat lunak aplikasi
yaitu program yang biasa dipakai oleh pemakai untuk melakukan tugas-tugas
spesifik, misalnya untuk membuat dokumen, memanipulasi foto, atau membuat
laporan keuangan
Contoh: winamp gambar
b.
Software atau perangkat lunak system yaitu
program yang digunakan untuk mengontrol sumber daya computer, baik yang
bersifat internal (misalnya RAM) maupun eksternal (misalnya printer) kedudukan
program ini umumnya sebagai perantara antara program aplikasi dan perangkat
keras computer
Contoh : windows 7
NO.
3.
Pemograman berasal dari
kata program yang berarti kumpulan instruksi-instruksi tersendiri yang biasanya
disebut source code yang dibuat oleh programmer (pembuat program). Pemograman
adalah urutan perintah yang disusun sedemikian rupa, sehingga computer dapat
melaksanakan perintah sesuai dengan keinginan pemakai. Didalam pemograman ada
istilah bahasa pemograman atau sering diistilahkan dengan bahasa computer yang
berarti teknik komando/instruksi standar untuk memerintah computer. Bahasa
pemograman inii merupakan suatu set atau atau aturan sintaks dan semantic yang dipakai untuk mendefinisikan computer.
Bahasa ini memungkinkan sesorang programmer dapat menentukan secara persis data
mana yang akan diolah computer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan dan
jenis apa saja secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.
Sedangkan sejarahnya perkembangan bahasa dalam computer terbagi menjadi lima
generasi yaitu :
-
Generasi I bahasa mesin menggunakan
kode-kode biner ( O dan I ) dengan basis dasar transistor On=1 dan off=O.
-
Generasi II Low Level Langguage yaitu
penyempurnaan bahasa mesin yang sudah memasukan unsure bahasa Inggris meskipun
dalam bentuk singkat.
-
Generasi III High Level Language yaitu
bersifat machine independent dengan bahasa pemograman aras tinggi seperti
basic, cabol,PL/1, pascal, algol, prolog dan lain-lain
-
Generasi IV bahasa deklaratif, bahasnya
sudah jauh lebih mudah ditulis dengan instruksi bahasa percakapan sehari-hari.
-
Generasi V object oriental language yaitu
bahasa disebut murni OO bahasa karena segala sesuatu didalamnya diperlakukan
secara konsisten sebagai sebuah object.
Untuk
langkah-lankah pemograman yaitu :
a.
Mendefinisikan
b.
Mengimplementasikan
c.
Mengkompulasi
d.
Menguji
e.
Dokumentasi
f.
Pengmbangn
NO.4.
Multimedia terdiri dari dua buah kata
yaitu multi yang berarti banyak atau bermacam-macam sedangkan media berarti
sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu. Arti multimedia
adalah sebagai penggunaan beberapa media yang digabungkan untuk menyampaikan
informasi atau juga perpaduan yang harmonis antar berbagai media teks, gambar,
audio, animasi secara sinergis untuk membantu mencapai tujuan berbagai
kegiatan. Istilah multimedia asalanya berawal dari teater bukan computer yaitu
pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari suatu medium dan seringkali disebut
pertunjukan multimedia. Menurut Hofstetter (2001): multimedia dalam konteks computer adalah pemanfaatan computer untuk
membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video dengan menggunakan tool
yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi.
Hubungan multimedia
dengan bidang pembelajaran adalah bahwa media dalam pembelajaran memiliki
fungsi sebagai alat bantu untuk memperjelas pesan yang disampaikan guru
terhadap siswanya yang bisa dilakukan dengan media persentasi dan multimedia
interaktif. Proses pembelajaran dapat menerapkan multimedia sebagai alat dalam
pencapaian tujuan. Salah satu alasan kenapa mutu pendidikan di Indonesia rendah
dikarenakan motivasi belajar siswa yang rendah karena pada saat proses
pembelajaran guru kurang menerapkan pembelajaran yang interaktif. Media
pembelajaran berarti sarana komunikasi untuk menyampaikan materi pembelajaran
dan ketika media ini dipergunakan oleh para guru maka akan tercipta
pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. Tiga hal trend pemanfaatan untuk
media diantaranya; terintegrasi,
konfergensi dan interaktif.
NO.5.
Internet adalah jaringan Komputer yang
saling terhubung keseluruh dunia dimana didalamnya terdapat berbagai sumber
daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis bahkan sampai ke yang
interaktif. Menurut Lani Sidharta, (1996) ; bahwa
secara fisik internet adalah interkoneksi antar jaringan computer namun secara
umum internet harus dipandang sebagai sumber daya informasi. Isi dari
internet adalah informasi yang dapat dibayangkan sebagai suatu data base atau
perpustakaan multim dan edia yang sangat besar lengkap dan dipandang sebagai
dunia dalam bentuk lain(dunia maya) karena hamper semua aspek kehidupan didunia
nyata ada di internet. Sejarah lahirnya internet diawali tahun 1967-1972 oleh
Departemen Pertahanan Amerika Serikat melalui proyek ARPA atau ARPANET.
Awalnya internet
merupakan jaringan computer antar lembaga ini dengan mendemonstasikan hardware
dan software computer yang berbasis UNIX bisa melakukan komunikasi dalam jarak
yang tidak hingga melalui saluran telepon. Beberapa akses internet yang bisa
didapatkan:
a.
Akses internet dial up
b.
Akses internet ADSL
c.
Akses internet mobile
d.
Akses internet wireless
e.
Akses internet hotspot
Internet
kaitannya dengan pembelajaran merupakan jembatan yang meng hubungkan dinamika
keilmuan artinya bahwa setiap materi bisa didapatkan dengan mudah, cepat,
akurat dan lengkap dari berbagai sumber yang ada. Sebagaimana kita ketahui
bahwa kelengkapan sumber informasi konvensional (perpustakaan) masih rendah
dibandingkan dengan Negara-negara lain. Bahwa internet adalah salah satu solusi
untuk mengakses informasi dan keilmuan keberbagai sumber. Dengan internet
sebagai media pembelajaran guru dan siswa dapat berkomunikasi dan menemukan
berbagai tambahan informasi lainnya dari materi-materi yang telah dipelajari.
Dengan internet juga para siswa bisa diajak keliling dunia tanpa harus keliling
yang sebetulnya hanya cukup dengan browsing dan mengakses apa yang dibutuhkan.
Sisi positive dan negative pasti ada tetapi peran gurulah yang paling dominan
dalam membimbing anak-anak siswa dalam menggunakan internet.
Di bawah ini beberapa dampak negatif dari internet yaitu:
1) Informasi
yang tersedia di internet sangat besar jumlahnya, tetapi tidak semuanya
dibutuhkan. Pencarian internet tanpa arah akan menghabiskan waktu dan uang,
sedangkan informasi yang diperoleh sangat sedikit atau bahkan sama sekali tidak
diperoleh. Disamping itu godaan di internet relatif amat besar sehingga
pencarian informasi yang dimaksud menjadi tidak efektif dan lepas kendali.
2) Salah satu
masalah yang sangat mengganggu dan dirasakan pelik dalam internet adalah resiko
terkena virus komputer yang mudah menyebar, baik melalui email,maupun file-file
yang di download.
3) Internet
memiliki ketergantungan pada jaringan telepon dan Internet Service Provider (ISP). Fasilitas jaringan telepon
dan ISP ini memiliki dampak langsung terhadap biaya pemakaian, yang mana biaya
pemakaian internet saat ini di Indonesia masih relatif mahal. Disamping itu,
saluran telepon di Indonesia masih relatif lambat sehingga waktu akses menjadi
lebih lama. Di sisi lain, terbatasnya bandwith sistem transmisi yang disediakan
ISP serta banyaknya jumlah pelanggan yang mengakses pada waktu bersamaan
menjadikan kondisi pengaksesan ke internet sering terganggu dan lambat.
Bagaimanapun
juga, menggunakan internet harus disertai dengan pandangan dan wawasan luas
serta sikap yang bijaksana agar tidak terperangkap ke dalam dunia lain yang
batasnya memang sedikit. Dunia maya ini memang menjanjikan banyak ilmu pengetahuan yang luar biasa luasnya akan
tetapi juga akan menjebak kita ke dalam dunia menakutkan yang tidak layak dan
melanggar hukum.
Walaupun
demikian, Internet memiliki banyak
keuntungan dan manfaat dalam aspek kehidupan kita, misalnya dalam bidang
bisnis, akademis, pemerintahan, organisasi dan lain-lain. Hal ini seperti yang
di ungkapkan oleh Hidayat (2011) tentang manfaat Internet, diantaranya :
1) Gudang
Informasi
Dengan
adanya Internet, dunia ilmu pengetahuan semakin terbuka bagi kita, penyebaran
informasi semakin cepat, segala informasi yang berasal dari belahan dunia
manapun dapat diperoleh dalam waktu yang sekejap. Informasi yang tadinya susah
dan sulit diperoleh, saat ini bukan sesuatu sulit lagi. Ini semua dimungkinkan
karena adanya fasilitas Search Engines, atau mesin pencari dalam dunia
Internet, yang artinya pencarian segala informasi yang kita perlukan, yang bisa
berupa file, data, gambar, musik, maupun film.
2) Berbelanja
Online
Berbelanja
dan membeli sesuatu secara instan, saat ini sangat mungkin dilakukan melalui
Internet karena sekarang telah banyak halaman-halaman Web yang ditujukan untuk
aktivitas ini, ibarat toko-toko online di Internet.Dengan adanya fasilitas ini
sangat membantu orang-orang yang sibuk dan yang tidak sempat untuk berbelanja
keluar rumah. Mereka tinggal memilih produk atau jasa yang tersedia dan
membayarnya secara online via kartu kredit, dan kemudian setelah terjadi
transaksi maka barang yang dipesan akan diantar ke rumah.
3) Berita –
Berita
Saat ini
untuk mendapatkan informasi atau berita tidak perlu lagi menunggu waktu hingga
pagi, ataupun bila kita tidak sempat membaca koran ataupun nonton TV jangan
takut ketinggalan beritanya, karena sudah banyak halaman-halaman web yang
menyediakan berita-berita dunia secara up to date dan selalu diperbaharui dari
waktu ke waktu sesuai perkembangan berita yang ada. Berita-berita yang tersaji
dalam halaman-halaman web tersebut sudah terbilang lengkap, mulai dari
berita-berita olahraga, politik, keuangan, cuaca dan lain sebagainya.
Selain
hal-hal tersebut diatas, Internet juga menyediakan fasilitas perpustakaan
Online, yang berupa kumpulan-kumpulan Web sites dari perpustakaan kelas dunia.
Dalam site ini kita dapat memperoleh buku-buku yang dapat kita baca secara
online maupun offline (setelah kita download terlebih dahulu) secara gratis,
buku-buku tersebut mulai dari ensiklopedia, novel, iptek dan lain sebagainya.
5) Pendidikan
Salah satu
website yang ada di Internet yang dapat membantu kita mengembangkan Ilmu
Pengetahuan dan Pendidikan kita adalah Website yang mengkhususkan pada
Informasi seputar Pendidikan.Salah satunya adalah website dengan alamat
www.apasich.com.Website ini bermuatan lokal dan mencakup seluruh informasi,
data serta statistik yang sangat dibutuhkan dalam perkembangan dunia Pendidikan
dan Ilmu Pengetahuan di tanah air kita.
NAMA :
BAGUS WIDIANA
NIM : 15861001
NO ABSEN : 01
Tidak ada komentar:
Posting Komentar